Kamis, 08 Januari 2015

Pengertian Stock Opname

Apa itu stock opname ?

Pengertian Stock Opname adalah Menghitung stock (persediaan barang untuk di jual) yang kita punya di gudang (atau etalase). istilah stock opname bisa juga di sebut dengan istilah stock take

Kegiatan yang di lakukan pada proses stock opname ?

- Menghitung jumlah persediaan (bukan inventaris)

Apa beda persediaan dan barang inventaris?

Persediaan : adalah barang-barang yang kita jual di toko kita,di mana setiap barang itu mempunyai nilai HPP (Harga Pokok Penjualan).

Artinya jika kita menjual barang persediaan tersebut, maka kita akan mendapat keuntungan atau laba yang di hitung dari harga jual di kurangi nilai HPP.

Sedangkan Inventaris : adalah barang yang kita pakai untuk melakukan proses penjualan (berdagang), atau barang-barang yang kita gunakan untuk operasional toko.

Contoh : meja, etalase, alat tulis, nota-nota dan lain-lain

Keduanya masuk dalam istilah “Harta / Aktiva” di dalam laporan keuangan,

akan tetapi mempunyai kolom akun (perkiraan) yang berbeda



Menghitung Nilai Persediaan

Nilai Persediaan di peroleh dari mengkalikan jumlah persediaan dengan nilai HPP

(jika tidak punya nilai HPP maka biasanya di kalikan dengan harga beli terakhir)

NILAI PERSEDIAAN = JUMLAH STOCK X HPP

Nilai persediaan yang di hasilkan nanti akan di pakai sebagai salah satu angka (nilai) yang ada di laporan Neraca (laporan keuangan)

Metode ini disebut METODE PERPECTUAL.

(Metode lainnya dinamakan physical)

Catatan :

untuk membedakan (atau cara menghitung) antara Harga Beli dengan HPP (Harga Pokok Penjualan) akan di terangkan di postingan yang lain, demikian juga perbedaan metode physical dan perpectual

Kenapa ada dan apa kegunaan stock opname?

Dengan dilakukan stock opname kita bisa mengambil beberapa manfaat sebagai berikut :

1. Bisa membandingkan nilai persediaan tahun ini dengan tahun sebelumnya sebelumnya,apakah naik ataukah turun sehingga kita bisa mengetahui perkembangan usaha

cara ini termasuk cara menilai perkembangan usaha secara sederhana karena hanya meniali dari perkembangan aset tanpa perduli besarnya hutang yang timbul dari perkembangan aset tersebut.

2. untuk mengetahui jumlah persediaan sehingga kita bisa “Tau diri” semisal jika kita ingin mengajukan pinjaman ke Bank

3. Untuk mencari HPP (Harga Pokok Penjualan) pada pembuatan laporan keuangan secara physical

4. dan sebenarnya yang paling penting adalah untuk mencocok kan data dan menghitung apakah ada barang kita yang hilang. Dengan catatan kita sudah mempunyai system komputerisasi yang baik.

Percuma stock opname jika tidak ada pembading atau tidak membuat laporan keuangan…

Lakukan stock opname di toko Anda , jika Anda mempunyai salah satu alasan diantara beberapa alasan berikut :

- Anda ingin membandingkan laporan tahun lalu atau periode yang lalu dengan laporan yang ada sekarang,

dengan adanya ini, maka Anda bisa mengambil manfaat dan mengetahui perkembangan persediaan (atau “usaha”) Anda dari waktu ke waktu

- Anda punya pembanding Antara laporan stock kartu dan jumlah akhir suat barang dengan jumlah barang sebenarnya

Anda akan tahu jika ada barang yang hilang. Meskipun hal ini (mencatat kartu) sebenarnya susah kalau di lakukan secara manual, karena kevalidan kartu masih meragukan jika omset toko Anda cukup tinggi, karena ada kemungkinan petugas lupa mencatat
Metode ini lebih valid, karena cukup dengan menggunakan slip penjualan yang di cetak oleh system komputer, maka Anda sudah otomatis mempunyai kartu stock barang, yang di jamin ke validannya.

Sehingga Anda bisa mengetahui jika ada barang yang hilang, sekaligus menilai berapa Rupiah, besarnya kehilangan Anda.

Bagaimana melakukan Stock Opname?

Saat Anda melakukan stock opname, maka kegiatan ini akan memakan waktu Anda untuk beberapa saat, bisa satu hari, tiga hari atau bahkan satu minggu.

Dan proses ini biasanya (dan seharusnya), harus di lakukan dalam keadaan toko Anda tutup atau tidak sedang melakukan penjualan dan pembelian. Kenapa harus begitu ? Karena tidak mungkin Anda menghitung sebuah barang, dan belum sempat di bukukan (dicatat) ternyata barang tersebut sudah laku ( atau berkurang). Sehingga Anda harus mengulangi perhitungan lagi.

Artinya semakin lama toko Anda tutup atau Anda tidak melakukan kegiatan perdagangan Anda, maka kemungkinan susutnya pendapatan Anda akan semakin besar.

Maka sebaiknya stock opname tidak di lakukan di saat hari-hari peak season (laris) atau saat turn over barang Anda di gudang tinggi

biasanya untuk mengurangi kerugian yang disebabkan tutupnya usaha di karenakan lamanya melakukan stock opname, beberapa pengusaha melakukan pencatatan stock opname secara electronik. hal ini akan menghemat banyak waktu sekaligus meningkatkan keakuratan perhitungan dibandingkan dengan cara manual yang seperti biasanya dengan menggunakan alat semacam stock scanner , maka petugas stock take tinggal men scan barcode barang (atau kalau tidak ada, memasukkan kode barang melalui keypadnya) dan kemudian memasukkan jumlah yang di hitung.

kelebihan menggunakan alat ini :

1. lebih cepat dalam pengerjaan merekap jumlah

2. lebih akurat dalam pemilihan barang (tidak salah mengartikan nama barang)

3. lebih tidak ribet (tidak pakai Kertas)

4. lebih fleksible ( jika di transfer di program komputer atau di cetak hasilnya)

kemudian proses stock opname ini bisa lebih cepat lagi, jika Anda menggunakan system yang sudah terkomputerisasi (semacam armadillo accounting) ,Anda bisa mendowload hasil stock di mesin scanner stock Anda ke dalam program komputer dari hasil download stock ini , dengan program Armadillo Accounting , Anda otomatis langsung di hitungkan berapa “nilai rupiah” – “keuntungan “Anda jika barang di gudang lebih banyak dari pada di komputer, dan demikian sebaliknya , berapa rupiah kerugian Anda jika barang di gudang lebih sedikit dari yang ada di komputer.

Kapan Stock Opname di lakukan ?

Menjalankan Stock opname juga harus di tentukan waktunya, berikut yang bisa di jadikan acuan dalam menentukan waktu Stock Opname :

- Secara Berkala tahunan (akhir tahun)

Biasanya stock opnme dilakukan di akhir tahun karena berhubungan dengan pembuatan laporan keuangan ditahun yang baru

- Secara berkala Bulanan, Tri Wulan atau satu semerter (setengah tahun)

Hal ini di tentukan tingkat urgenitas (kepentingan) dan kemampuan dalam malakukan stock opname. Semakin banyak barang, seharusnya jarak waktu stock opname juga harus semakin lama. Agar pekerjaan kita sehari-hari tidak habis hanya untuk melakukan stock opname

- Stock opname juga bisa dilakukan di sela sela hari kerja.

Akan tetapi yang di stock (dihitung) hanya sebagian barang saja. Hal ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah punya system komputer yang baku ( Contoh seperti IndoMart atau AlfaMart)

- Jangan melakukan stock opname di waktu peak season (waktu laris), karena selain susah (kalau toko tidak tutup), juga akan disayangkan kalau toko harus tutup,karena kemungkinan kita bisa mengalami kerugian yang cukup banyak.

Nah sayangnya pada toko atau minimarket yang menggunakan sistem manual alias tidak memakai software, kita akan kesulitan terutama kesulitan membukukan data nota atau struk penjualan. Kadang pada toko yang masih memakai sistem manual data nota hilang. Hal ini tentunya berbeda dengan toko-toko modern seperti alfamart dan indomaret yang telah menggunakan software canggih, semua data penjualan dan pembelian akan tercatat langsung pada komputer.

Pada toko alfamart atau indomaret setiap penjualan barang maka otomatis software dapat menghitung laporan data penjualan perkonsumen, data penjualan barang yang otomatis stok akan berkurang dan paling penting adanya data penjualan yang akan digunakan sebagai acuan untuk stok opname.

Kadang kala kita pelit untuk berinvestasi dalam melakukan pembelian software. padahal harga software di pasaran indonesia rata-rata harga Rp.1.800.000 di bagi dengan 10 tahun saja harga software jika di konversi menjadi Rp.180.000 setahun. apa susahnya kita menyisihkan uang Rp.180.000 setahun. :). Â Padahal kita bisa memakai software ini 20 atau bahkan 30 tahun.

1 komentar:

  1. If you're trying hard to lose weight then you absolutely need to jump on this brand new custom keto diet.

    To create this keto diet, licensed nutritionists, fitness trainers, and top chefs united to provide keto meal plans that are useful, painless, cost-efficient, and delightful.

    From their launch in January 2019, hundreds of clients have already remodeled their body and well-being with the benefits a professional keto diet can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-certified ones given by the keto diet.

    BalasHapus