Minggu, 18 Januari 2015

Jawaban Quipperschool Bahasa Indonesia(KTSP) XII SMA

Ini adalah jawaban dari materi Bahasa Indonesia(KTSP) XII SMA di quipperschool(dot)com.

fakta
1.fakta
2.Ujian Utama SMA dilaksanakan tanggal 15- 17 April.
3.Pada Desember 2011 Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) menyampaikan bahwa cadangan minyak bumi Indonesia hanya sampai 15 tahun ke depan.
4.Singapadu adalah sebuah desa di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar,Bali.
5.Menyatakan kejadian yang dapat dibuktikan
6.Perusahaan asing seperti RCMA dari Inggris, Uni Royal dari AS, dan SIPER dari Belgia menanamkan modal di perkebunan kelapa sawit.
7.Tidak mempunyai data-data atau fakta yang dapat dibuktikan.
8.Pelaksanaan UN yang digelar tanggal 15 Mei sampai 17 Mei, berjalan lancar.
9.Para peneliti menemukan bahwa vaksin lewat goresan tubuh akan 100 kali lebih cepat membentuk zat kekebalan.
10.Selain mencarnya batas-batas kebudayaan, interaksi global yang kian cepat juga menyebabkan terjadinya pengerasan identitas.

ringkasan informasi
1.Masmuta merupakan kosmetik yang dapat mempercantik bulu mata dan memiliki tiga warna dasar, yaitu hitam, coklat, dan coklat kehitaman.
2.Remaja jarang yang menulis pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis fiksi dan nonfiksi.
3.Tentukan inti atau pokok pikiran tiap-tiap paragraf dan simpulkan dalam satu atau dua kalimat.
4.Tomat buah sarat khasiat dan lezat disantap.
5.Bentuk ringkasan harus sama dengan karangan asli.
6. Teknologi internet sangat dibutuhkan. Namun, perlu pengawasan dari berbagai pihak agar internet dapat digunakan secara benar.
7. Indonesia terus berjuang terus dalam mengatasi masalah penduduk yang berkembang hampir tiga kali lipat sejak kemerdekaan.
8. Mutu pendidikan Indonesia diharapkan meningkat pada tahun 2004 dan menduduki urutan ke-10 di negara Asia Pasifik.
9. Kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja
10.Kondisi bahasa Jawa sebagai media komunikasi sudah mulai bergeser dan bisa punah bila tidak dilestarikan penggunaannya.





pokok pokok isi informasi
1. Produksi kedelai Indonesia masih kurang.
2. Bagaimana reaksi Front Pembela Islam (FPI) terhadap penerbitan majalah playboy?
3. Terletak di propinsi manakah kabupaten Sukoharjo itu?
4. Karena tergerus arus sungai menyusul datangnya hujan deras akhir-akhir ini.
5. Ribuan meter tanah tegalan milik dusun di Kabupaten Sukoharjo hilang tergerus air, tidak ada korban jiwa, kerugian puluhan juta rupiah.
6. Harga benih tanaman padi mengalami kenaikan 60 persen
7. Gempa bumi terjadi setiap 30 detik sekali.
8. Pemeriksaan terhadap kesehatan unggas
9.Adam Malik seorang penulis yang aktif berorganisasi
10.Perkembangan saran dan prasarana transportasi

opini
1.Peningkatan produksi pangan akan tercapai jika ada perluasan lahan pertanian baru.
2.Merokok menimbulkan berbagai penyakit jantung dan kanker.
3.Upaya penyelamatan sumber daya air agar tidak menimbulkan masalah.
4.Sudah muncul problem tentang sumber air.
5.Kesibukan orang tua mencari sekolah untuk anaknya.
6.Bagaimana kegiatan orang tua ketika musim penerimaan siswa baru tiba?
7.Miskomunikasi dan mispersepsi antara remaja dan orangtua selalu terjadi karena perbedaan usia cukup jauh
8.Perbedaan usia yang banyak menyebabkan miskomunikasi anak dan orangtua.
9.berasal dari Magelang
10.jenis-jenis itik di Indonesia

diskusi
1. “ Interupsi sebaiknya, masalah ini kita bicarakkan dengan kepala dingin!”
2.Menyelesaikan masalah bersama secara terbuka
3.Notula
4.Mencatat jalannya rapat serta hasil yang dicapai
5.Berdasarkan hasil rapat, diputuskan objek wisata ke Bali selama delapan hari dengan biaya Rp 900.000,00.
6.Berdiskusi
7.Saya sependapat dengan penyaji bahwa wanita dan pria mempunyai tugas dan hak yang sama kadarnya. Formatnya sajalah yang berbeda.
8.Saya kurang sependapat dengan penyaji kalau dikatakan karena format yang sama antara pria dan wanita belum tentu menyebabkan ketimpangan.
9.Saudara-saudara, marilah kita mulai seminar ini dengan topik “Hemat Energi di Rumah Tangga”.
10.Nanda Putra Pratama, demikian nama narasumber yang duduk di sebelah kiri saya ini. Beliau lahir di Yogyakarta, 17 April 1960, selanjutnya kami persilakan Saudara Nanda untuk menyampaikan materinya.

saran
1. Sebaiknya kita mengadakan kegiatan ceramah dengan pakar penelitian pada masa orientasi baru, untuk memotivasi mereka.
2.Sikap yang ditunjukkan pemberi pidato kurang bagus karena dirinya terlalu merendahkan diri.
3. Saudara Andi, saya berpendapat Saudara dalam penyampaian pendapat sebaiknya didukung fakta dan bukti yang logis.
4.Manusia jangan disiapkan menghadapi kebisingan karena kebisingan akan berdampak negatif psikologis bahkan juga kesehatan
5. Saran kepada orangnya, bukan pendapatnya dengan cara yang sedikit sentimen
6. Saudara moderator yang terhormat, saya kira apa yang dikemukakan penyaji ada benarnya, tetapi harus pula dilihat faktor-faktor lain terutama lingkungan dan keluarga yang dapat mendorong siswa berbuat demikian
7. Peranan pemerintah dalam pembangunan masyarakat
8. Menurut saya, pendapat Ridwan cukup bagus, tetapi kiranya perlu mempertimbangkan masalah dana untuk pengadaan koleksi buku tidak mencukupi
9. Sebaiknya pendapat Anda dipikirkan kembali sebab hal itu akan merugikan para pemakai kita
10. Pendapat Anda memang baik, tetapi sebaiknya kita adakan pembagian tugasnya daripada menggaji orang lain

biografi
1.Ide-ide dan pemikirannya terus berkembang dan ia mengabdikan hidupnya untuk rakyat.
2.Sitor Situmorang merupakan sosok yang bertanggung jawab, konsekuen, dan berkomitmen terhadap perjuangan kebangsaan.
3.Teguh dalam berprinsip untuk mewujudkan cita-cita.
4.Dia bercita-cita menjadi sastrawan sejak kecil.
5.kedekatannya dengan rakyat
6.Pada acara jalan kaki tiap pagi sesudah sembahyang subuh, beliau berjalan sendiri.
7.Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, kebudayaan, penulisan, dan pendidikan.
8.Ia ikut menandatangani Manifesto kebudayaan dan gagal melanjutkan studi di Florida.
9.Kenangan Masa Kecilku oleh HAMKA.
10.Biografi

proposal
1. Rancangan kerja
2. Hasil yang dicapai selama kegiatan
3. 3, 1, 5, 4, 2, dan 6
4. Latar belakang penulisan
5.Tujuan kegiatan
6.Latar belakang
7. Selain merayakan HUT RI ke-59, kegiatan ini juga bertujuan mengajarkan kepada para siswa dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan sekaligus mengembangkan daya kreasi.
8.Pengajuan dana
9. Pembagian tugas setiap siswa dalam menyelenggarakan pasar murah.
10.Rumusan masalah

otobiografi
1.Tanggal kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.
2.Pendidikan, perjuangan, jasa-jasa tokoh
3.di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan
4.Latar belakang keluarga dan pendidikan
5.Kegagalan seseorang harus menjadi motivasi untuk sukses
6.Latar belakng keluarga dan kondisi tokoh saat ini.
7.Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran Bulak Santri, Cipondoh, Tangerang dan pimpinan pengajian Wisata Hati.
8.Kesuksesan adalah buah dari kejujuran
9.Ustadz Yusuf lahir dari keluarga Betawi yang berkecukupan pasangan Abdurrahman Mimbar dan Humrif’ah dan sangat dimanja orang tuanya. Lulusan terbaik Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat, tahun 1992
10.Keutamaan sedekah dari kisah nyata kehidupan sehari-hari.

ide utama
1.Keraguan Pertamina menaikkan harga elpiji.
2.deduktif
3.menghindari praktik pengoplosan elpiji
4.Perlunya Indonesia ikut Trans- Pacific Patnership.
5. Campuran
6.Berjalan sendiri
7.Kebijakan ekonomi Indonesia makin efisien.
8. Upaya Jamal Balfas memanfaatkan batang sawit menjadi bahan kayu lapis.
9. (1)
10. Balitbang Kementerian Kehutanan penyandang dana penelitian Jamal Balfas.



ide pokok
1.Pembangunan bidang kesehatan tidak lepas dari dampak kemajuan pembangunan di bidang ekonomi.
2.Hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat.
3.Tanaman di Indonesia dikenal sebagai bahan ampuh untuk obat dan digunakan sebagai obat-obatan tradisional.
4.Bahasa merupakan alat komunikasi yang amat penting, efektif, dan efisien.
5.Penduduk menempati rumah-rumah terbuat dari bahan yang berupa seng, papan, dan kardus bekas.
6.Masalah kependudukan menghadang umat manusia secara tumpang tindih.
7.Indonesia adalah penghasil utama minyak sawit mentah (CPO).
8.Pola tanaman petani harus berubah dari padi ke palawija.
9.Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains.
10.Berbagai cara akan ditempuh oleh siswa yang baru lulus SMA untuk dapat berebut kursi di perguruan tinggi favoritnya.



ide penjelas
1.Banyak orang keracunan tempe bongkrek
2.(4)
3.(5)
4.(6)
5. menjadi perdebatan
6.(2)
7. (5)
8. Sebab, hingga Rabu, gelombang tinggi masih terjadi
9.(3)
10. (3)



kalimat pendukung
1.2,4,5
2.eksposisi
3.(1), (3), dan (5).
4.Di beberapa titik bau menyengat pun tercium.
5.Sebaiknya masyarakat dan penilai amdal bekerja sama untuk melestarikan lingkungan dengan penuh tanggung jawab.
6.Dengan demikian, banjir besar menggenangi ibukota Jakarta.
7.Kalimat (5).
8.(1), (2), dan (3).
9.(2), (3), dan (4).
10. (4)



induksi dan cirinya
1.5
2.ide pokok terletak pada awal paragraf
3.Begitulah tahapan gejala penyakit AIDS yang mengerikan.
4.Itulah antara lain masalah-maslah yang akan dihadapi pemerintah daerah dewasa ini.
5.khusus ke umum
6.kausalitas
7.sebab-sebab
8.kalimat topik terdapat pada kalimat no.1
9.Demikianlah analogi antara bahasa dan musik.
10.akhir paragraf



paragraf dedukasi dan cirinya
1.1
2.4
3.5
4.deduktif
5.1
6.6
7.3
8.deduktif
9.1
10.deduktif



problem/masalah
1.Hama tikus yang menyerang sawah petani di Purbalingga menimbulkan kerugian yang besar
2.Banyak warga Hepang putus sekolah
3.Banyak orang yang tidak menyadari betapa membahayakan penyakit diare.
4.Sungai mengalami pendangkalan hebat
5.Populasi manusia adalah ancaman terbesar dari masalah lingkungan hidup
6.Banyak orang yang belum mau meninggalkan kebiasaan merokok.
7.Perlunya dipikirkan pembentukan lembaga alternatif untuk mengatasi masalah kebahasaan.
8.Gempa di daerah Miyagi dan Iwata, Tokyo
9.Pemerintah tidak memiliki dana khusus untuk membuat anak didik menjadi cemerlang
10.Sekolah negeri dilarang memungut biaya apapun kepada calon murid



frasa
1. ikal bergelombang
2.Lebih penting, yang kecil, sangat sensitif
3.Sangat besar, amat parah, amat banyak.
4.sosio kultural, sangat rentan, disintegrasi bangsa, hakikat keragaman.
5.sangat luas, dengan nyaring, merdu sekali.
6.akan mengalami.
7.penawaran.
8.ingin pergi
9.jumpa, haus, temu
10.kesinambungan pembangunan



narasi dan cirinya
1.Pengembangan narasi mula dan akhir
2.Narasi
3.Narasi
4.Narasi
5.Narasi
6.Narasi
7.Waktu
8. “Apa cita-citamu An?” tanya Ani pada Ana tiba-tiba. Waktu itu mereka sedang menyelesaikan pekerjaan rumah. Karena soal itu sulit, mereka hanya bisa merenung.
9.cerita atau kisah sesuatu (orang atau hewan) secara kronologis.
10.Narasi



klausa
1.Gambar iklan itu memperlihatkan seorang pemuda mengendarai sepeda motor.
2. S P O .
3.telah diterbitkan 3.000 sertifikat tanah pada bulan ini.
4.kertas berhamburan di atas lantai
5.Karena ia mengedarkan narkoba di sekolah.
6.klausa ajektival
7. K - S - P - K S-P
8.para undangan menangis terharu.
9. klausa nominal.
10.S P O K



deskripsi dan cirinya
1. Bentuknya seperti kaki kucing yang mencengkeram kukunya.
2. Semuanya jalan setapak yang mudah dilalui.
3.Alam desaku terlihat hijau, subur, dan sejuk kembali.
4.Paragraf deskripsi
5.Deskripsi
6. Proses pembangunan pada zaman Orde Baru
7. Kolam mungil itu berdesain batu pualam yang berwarna cokelat kehitam-hitaman
8. Sesekali ombak berdebur menghempas batu granit dan mengeluarkan bunyi
9. Tebing-tebung granit yang terjadi ini mempunyai ketinggian 80-300 meter
10. Tulisan Asmaul Husna itu diukir dengan lempengan tembaga, berhiaskan ukiran khas Aceh


artikel
1.Menghimbau agar pembaca mengisis hidup dengan hal yang sederhana dan bermanfaat.
2.Apa teknologi yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menangani sampah?
3. Mengimbau kepedulian Pemerintah terhadap keadaan pabrik gula
4. Menginformasikan secara cepat pemesanan tiket kereta api dan pesawat terbang
5.Akibat pola tidur yang tidak teratur
6. Menginformasikan kondisi jalan yang buruk dan bahaya yang mengancam pemudik yang melintas jalur Sumatra
7. Pemanfaatan kembang sepatu di beberapa negara
8.Perlu adanya solusi yang terbaik untuk memecahkan kenakalan remaja dengan menghindari tindak kekerasan
9. Tanaman hias lidah buaya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit
10. Mengapa populasi manusia di Indonesia merupakan ancaman terbesar?



argumentasi dan cirinya
1. Bencana yang terus beruntun, menyadarkan kita akan arti pentingnya menjaga keseimbangan alam.
2.Argumentasi
3.Jadi, korban penyalahgunaan narkoba sebagian besar adalah kelompok remaja dengan kondisi ekonomi menengah ke atas.
4.beranggapan, melakukannya, kebiasaan
5.Argumentasi
6. Sehingga sungai mengalami pendangkalan hebat
7.Perlunya dipikirkan pembentukan lembaga alternatif untuk mengatasi masalah kebahasaan.
8.Argumentasi
9.Argumentasi
10.Tidak mengherankan jika hujan tiba, daerah tersebut sering dilanda banjir.



kepaduan
1. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
2. (5), (3), (1), (4), dan (2)
3. (4)
4. (3), (2), (4), (1)
5. (3), (2), (4), (1), dan (5)
6. (2)
7. (2), (3), (4), (1), dan (5)
8. (5)
9. 3), 1), 4), 2)
10. (4)



eksposisi dan cirinya
1.Eksposisi
2.Eksposisi
3.Eksposisi
4.Jerawat dapat digolongkan menjadi tiga jenis
5.Jadi, orang yang terkena gangguan mental organik biasanya mengalami perubahan perilaku, fisiologis, dan psikologis.
6.Eksposisi
7.Eksposisi
8.Eksposisi
9.Eksposisi
10.Eksposisi



konsep
1.Tulisan yang melukiskan objek secara rinci sehingga membangkitkan indera pembaca.
2.Tulisan yang memberi penjelasan kepada pembaca hingga pembaca memperoleh pengetahuan baru.
3.Karya itu mengisahkan satu masa kehidupan pelaku, ada konflik yang mengubah nasib pelaku.
4.tajuk rencana
5.Antagonis
6. Unsur intriksik
7.Simbolik
8.drama
9.induktif
10.Proposal



persuasif dan cirinya
1. Oleh sebab itu, dalam melaksanakan segala pekerjaan kita harus berdisiplin.
2. Hendaknya generasi sekarang sudah dilatih mengembangkan kecerdasan emosionalnya sejak dini.
3. (4) dan (5)
4. Mari kita menggunakan waktu secara efektif dan efisien dalam belajar untuk mencapai prestasi.
5. Oleh karena itu, marilah kita galakkan penanaman bakau di sepanjang pesisir yang potensial terkena tsunami.
6. Oleh sebab itu, abatisasi harus dilakukan secara terkoordinasi oleh warga dalam suatu wilayah.
7. Maka dari itu, mulai sekarang harus rajin ke perpustakaan membaca buku agar kelak terbiasa
8. Dengan demikian, mari kita berpikir selangkah ke depan untuk memajukan negara dan bangsa sendiri.
9. Menghimbau agar pembaca mengisis hidup dengan hal yang sederhana dan bermanfaat
10. Mengimbau kepedulian Pemerintah terhadap keadaan pabrik gula



kalimat tunggal
1.Doni memukul kucing itu
2.Ayahku guru bahasa Indonesia.
3.Bunga itu dipetik Rani.
4.Vina kedinginan semalam.
5.Bola itu Tono lempar.
6. Para siswa rajin belajar agar lulus ujian.
7. Buku itu mahal sekali.
8. Predikatnya berawalan pasif di-
9. Predikatnya tidak menggunakan imbuhan dan didepan predikat ada nama diri yang berfungsi sebagai pelaku.
10. Adik Ibu Rifkha seorang dai ternama.



grafik
1. Penggunaan tanah di suatu daerah yaitu untuk pekarangan, ladang tanah untuk tanaman kayu-kayuan, perkebunanan, sawah, dan lain lain.
2. Tanah untuk tanam kayu
3. Pekarangan
4. Penggunaan tanah untuk sawah sebesar 11,63; ladang seluas 17,21; tanaman kayu 29,25; perkebunan 16,56; pekarangan 7,42; dan lahan yang ditanami lain-lain seluas 17,21.
5. Kalimat-kalimat yang digunakan lebih sederhana, komunikatif, singkat, padat, dan jelas.
6. Menggambar kembali agar orang lain lebih jelas
7.Kegiatan PKBM Negeri 26 Bintaro dari tahun 2003—2007
8. Paket B terbanyak pada tahun 2007, 2006, 2005.
9. Kegiatan di PKBM Bintaro selama tahun 2003-2007 sangat beragam karena meliputi menjahit, keaksaraan, tata rambut, rias pengantin, paket A, B, C, tata boga, life skill.
10. Meyakinkan gagasan



kalimat majemuk sementara
1. Vina membeli jeruk bahkan Evi membeli pepaya.
2.Perlawanan
3.Klausa kedua menguatkan klausa pertama
4.Para siswa mengikuti upacara sesudah itu itu masuk kelas dengan tertib.
5. penggabung menyatakan akibat
6. Menggabung menyatakan perluasan
7. Saya tidak tahu apakah dia akan ikut atau tinggal di rumah saja.
8. Perlawanan perluasan
9.Nilai- nilaimu sudah bagus hanya ada sedikit kekurangan pada nilai sikap.
10.Perlawanan menguatkan



tabel
1. Distribusi pendidikan tenaga kesehatan di BP Puskesmas Kabupaten Jombang tahun 2005.
2.35,8%
3. SPK
4. Pertambangan
5. Pertanian tahun 2008
6. Upah minimum di Jakarta dari tahun ketahun selama 2008-2010 selalu mengalami kenaikan dan sector usaha yang tertinggi adalah pertambangan.
7. Jumlah hari hujan setiap bulan selama tahun 2004-2009 di Kaimana
8.Tahun 2006
9. Januari 2008 dan Februari 2009
10.Karena bentuknya yang lebih singkat sehingga kurang jelas.



kalimat majemuk bertingkat
1. Bahwa Dini akan ke Australia sudah diketahui keluarganya.
2.Adikku mengatakan bahwa nilai rapornya bagus- bagus.
3.Tujuan
4.Klausa kedua merupakan akibat dari klausa pertama
5.Subyek
6.Avi tidak masuk hari ini karena ibunya masuk rumah sakit.
7.Keterangan syarat
8.Yang memperbaiki lapisan ozon
9.S P O/SP
10.Para warga bergotong royong supaya lingkungan bersih.



diagram
1. Nilai ujian nasional SMP 2006-2010 mata pelajaran bahasa Indonesia , bahasa Inggris, IPA, dan Matematika.
2.IPA
3. Nilai bahasa Inggris selalu mengalami kenaikan.
4. Perkembangan jumlah dosen di UNG menurut tingkat pendidikan dan guru besar menurut tingkat pendidikan dan guru besar dari tahun 2005 s. d. tahun 2008.
5. Guru besar jumlahnya lebih sedikit daripada dosen berpendidikan S3.
6. Pembambahan tertinggi terjadi antara tahun 2005-2006.
7. Dosen sebagai guru besar di UNG sejumlah 33 orang.
8. Penambahan jumlah guru besar tahun 2005-2006 mencapai 50 %.
9. Jumlah penduduk pada suatu waktu di Gresik, Sidayu, Cerme, dan Benjeng.
10. Urutan jumlah penduduk adalah Benjeng, Gresik, Sidayu, dan Cerme.



kalimat majemuk campuran
1.berasal dari gabungan kalimat majemuk setara dan bertingkat
2.Lembaga Riset Energi mengatakan bahwa PLTN merupakan sumber energi berisiko tinggi sehingga memerlukan keamanan maksimal.
3.Kami telah mendengar bahwa ia akan datang dan membawa beberapa temannya.
4.Satu klausa
5.(4)
6.Rumah yang terletak di ujung gang menjual aneka mainan dan bermacam-macam perlengkapan sekolah.
7.Yang disahkan oleh MK pada bulan Januari 2013
8.Bu Nina,istri kedua Pak Mamat
9.Di bawah permukaan, terdapat sumber panas yang menyebabkan semua bebatuan mencair.
10.S –P –O –K/(S) P O + (S) P K



menulis paragraf deduksi
1. Berbagai upaya guna mengantisipasi habisnya BBM dari bahan fosil.
2. (3)
3. Pemerintah Provinsi DKI harus segera mengantisipasinya.
4. Agar mampu berperan secara optimal, pemuda harus berpendidikan cukup sehingga terbagun sikap dan perilaku positif.
5. Sampah yang mengepung kehidupan kita
6. 3 – 5 – 4 – 6 – 7 – 2 – 1
7. Lufti harus bebas narkoba.
8.Karena Andi pelajar, ia berpakaian seragam
9. Paragraf 1 menyoroti hakikat hidup dan Paragraf 2 menyoroti hubungan bekerja dengan kesehatan
10.Contoh



kalimat inti
1.Afifah menulis.
2.Sungguh menyenangkan belajar berenang.
3.Anita tidak datang
4.Ibunya penari terkenal.
5.Baju baru adik saya sangat kotor.
6.Pantai memiliki.
7.Rumah bergaya tradisional dengan kayu berukir model Jepara yang menghiasi sebagian besar bangunannya dijual oleh pemiliknya.
8.Boy menetapkan.
9.Marilah belajar di perpustakaan!
10.Politik baru ini lahir di kalangan rakyat pinggiran.



menulis paragraf induksi
1.3
2.1
3.deduktif
4.1
5.deduktif
6.deskriptif
7.masyarakat bangsawan Minangkabau
8.1
9.deduktif
10.1



pola dasar kalimat bahasa indinesia
1. Baju di toko itu mahal-mahal.
2.Kami melihat pemandangan yang sangat mengasyikkan.
3.Mereka berbicara tentang pertanian.
4.yang sering melanda kota Jakarta
5.Kendaraan yang digunakan kawanan perampok untuk mengangkut hasil jarahannya rusak dibakar massa.
6.sepatu baru basah kuyup
7.supaya tampak menawan di depan kekasihnya
8.Sangat menyita perhatian masyarakat Indonesia film 5 Cm yang banyak dibicarakan para siswa.
9.pada saat orang memilih program studi
10.Mahkota itu bertahtakan intan berlian.



kerangka karangan
1. Pada akhirnya tulisan ini diharapkan dapat memberikan gambaran konkret tentang perilaku disiplin pelajar perkotaan yang selama ini menjadi bahan gunjingan kaum tua
2.Dewasa ini, tanaman anggrek merupakan tanaman unik dan mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi.
3. Pengamalan Nilai-Nilai Agama Menciptakan Kedamaian
4. Kepemimpinan Demokratis
5. kata pengantar
6. Upaya mengatasi pergaulan bebas pada kaum remaja di perkotaan
7. 2 – 3 - 1 - 4 – 6 – 5
8. Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda. Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat Efektif. Bandung: Rapika Aditama. Rakhmat, Jalaludin. 2006. Retorika Modern. Bandung: Rosdakarya.
9. “Pembelajran berbasis teknologi komputer perlu segera disosialisasikan sampai dengan sekolah-sekolah pelosok tanak air” (Arif, 2009:32)
10. Bagaimana pembelajaran demokratisasi dalam pemilihan pengurus OSIS?


pidato
1.Oleh karena itu, mari kita bulatkanlah tekad kita untuk meningkatkan produksi pangan di negeri sendiri.
2.Maka dari itu, mulai sekarang harus rajin ke perpustakaan membaca buku agar kelak terbiasa.
3.Hadirin yang kami hormati, Sehat adalah suatu kata yang sangat berharga dan sangat mahal diraih siapa saja. Apalagi jika sehat itu untuk predikat sebuah sekolah. Sebuah institusi yang di dalamnya terdapat keluarga besar sekolah yang dinilai paling sehat di antara sekolah sehat yang ada di wilayah ini.
4.Cukup sekian sambutan saya pada peringatan Hari Kartini ini, jika ada tutur kata yang kurang berkenan saya minta maaf yang setulus-tulusnya.
5.Marilah kita bersyukur kepada Tuhan, karena kita dapat berkumpul pada acara pembukaan lomba berbusana kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini.
6.Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Pada hari ini, tanggal 10 November, seluruh rakyat Indonesia memperingati satu
7.Teruslah berjuang, gantungkan cita-citamu setinggi bintang di langit.
8.(4) dan (5)
9.Oleh sebab itu, marilah kita tanamkan budaya bersih ini kepada seluruh warga sekolah
10.Mari kita menggunakan waktu secara efektif dan efisien dalam belajar untuk mencapai prestasi.



silogisme
1. Nanda harus banyak berdoa dan belajar dengan tekun.
2. Nemo harus dikarantina terlebih dahulu.
3. Jadi, Sultan Mahmud Baharuddin bersifat mulia.
4. Rino adalah salah satu siswa yang ingin ikut kegiatan bakti sosial
5. Jadi, Fajar mengikuti pembekalan menghadapi Ujian.
6. Pak Muklar adalah seorang pegawai negeri
7. Jadi, Pak Harun tidak selalu memenuhi kewajiban sebagai anggota koperasi.
8.Bu Win seorang lansia
9. Hendrik adalah rakyat Indonesia.
10. Lastri Widiyastuti adalah siswa SMA.



surat lamaran pekerjaan
1.Berdasarkan iklan yang dimuat pada harian Kedaulatan Rakyat, 4 Februari 2012 tentang lowongan kerja staf administrasi saya mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
2...., dengan ini saya mengajukan permohonan untuk mengisi tenaga administrasi pada perusahaan Bapak.
3.Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
4.Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan pada harian Kompas, 28 Maret 2013 tentang bagian administrasi pembukuan, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
5.Yth. Manajer Personalia PT Asia Jalan Prof. Dr. Hamka 128 Padang
6.nama : Lastri Widiyastuti tempat dan tanggal lahir : Surakarta, 12 Desember 1982 alamat : Jalan Kaliurang 12, Yogyakarta pendidikan : SMA
7.Atas kebijaksanaan Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
8.Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
9.Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih
10.Yogyakarta, 23 Mei 2013 Lampiran: Lima lembar Perihal : Melamar pekerjaan Yth. Kepala Bagian Personalia PT Maju Sakti Jalan Menur 17 Yogyakarta



analogi
1. Jadi, seperti halnya tanaman, hubungan persahabatan perlu dipupuk pula.
2. Oleh sebab itu, disimpulkan bahwa iman yang dimiliki seseorang sama dengan sebuah tiang.
3. Hidup ini harus dilalui dengan sabar dan penuh perjuangan seperti kapal yang mengarungi lautan.
4. Jadi, seorang yang semula sampah masyarakat bila dibina akan berguna bagi masyarakat seperti kotoran ayam yang dimanfaatkan untuk pupuk dan makanan ikan.
5. Jadi, orang yang berilmu luas sama halnya dengan tangkai padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin merunduk.
6. Jadi, menggunakan bahasa dengan baik dan benar merupakan cara yang baik dalam melestarikannya.
7. Jadi, dasar agama seseorang yang tidak kuat seperti orang membuat rumah di tepi pantai, yaitu mudah goyah.
8. Menulis novel atau roman sama halnya membuat mobil.
9. Jadi, merawat tanaman maupun merawat anak sama-sama memerlukan keterampilan khusus.
10. Kecantikan seorang gadis dapat mengikat siapa pun yang memandangnya seperti memikatnya setangkai bunga yang yang indah di dalam jambangan.



surat dinas
1.Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami mengucapkan terima kasih
2.Yth. Manajer Personalia PT Asia Bagus Jalan Prof. Dr. Hamka 128 Padang
3.Atas perhatian Bapak/Ibu/Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
4.Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
5.Besar harapan kami, Bapak menerima surat permohonan bantuan dana kami.
6.Demikianlah surat kami, atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.
7.Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih.
8.E. Yth. Direktur PT Putra Pratama Jalan Atmosukarto 9 Yogyakarta
9.Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
10.Demikian undangan yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.



generalisasi
1.Dengan demikian, Anwar adalah orang yang patut dimintai pertanggungjawaban atas kejadian terhadap tiga anak itu.
2.Penghuni permuahan Cemara Indah berasal dari berbagai daerah luar Yogyakarta
3.Alferd Nobel menghadiahi ilmuwan yang ilmunya bermanfaat bagi umat manusia
4.Dapat dikatakan bahwa sekolah-sekolah di kota A mampu meluluskan siswanya dengan baik.
5.Dengan demikian, pengusaha kecil dan menengah berkesadaran tinggi untuk mengembalikan bantuan UKM
6.Jadi, siswa kelas XII IPS 1 berjiwa sosial tinggi
7.Sebagian besar pengguna jalan setuju pemberlakuan jalur searah
8.Jadi, stamina tubuh yang rendah dapat memicu munculnya beberapa penyakit.
9.Berbagai atribut partai mengalihkan perhatian terhadap papan usaha dan reklame.
10.generalisasi


surat kuasa

1.Surat kuasa ini dibuat rangkap dua untuk masing-masing pihak dengan kekuatan hukum yang sama.
2.dengan ini memberi kuasa kepada
3.Memberikan wewenang kepada orang lain untuk bertindak mewakili si pemberi kuasa.
4.Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KE-1
5.Demikian Surat Kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
6.Surat kuasa
7.Surabaya, 3 Mei 2013
8.Juan Karlo adalah pihak ke-1, sedangkan Aeda Aldea adalah Pihak ke-2
9.Surat kuasa tanah dan bangunan.
10.Agar mempunyai kekuatan hukum



perbandingan
1.Pantun kilat dan gurindam
2.Pertentangan
3.Siapa yang membedakan pantun dan syair?
4.Lain halnya
5.Perbedaan Ratu Elizabeth dan Margareth Thacher tentang kesukaanya pada mode.
6.Bagaimana perbedaan Ratu Elizabeth dan Margareth THacher terhadap mode?
7.Perbedaan seruan seoarang penumpang minta turun dari angkot.
8.Antarkalimat
9.Bagaimana seruan penumpang angkot meminta turun di Bandung, Jakarta, Manado, Gorontalo, Lampung, Padang.?
10.Perbedaan



laporan diskusi
1.Notula
2.Pelaksanaan
3.Identitas diskusi
4.Diskusi pada pukul 14.00 WIB ditutup langsung oleh pemimpin.
5.Berdasarkan hasil rapat, diputuskan objek wisata ke Bali selama delapan hari dengan biaya Rp 900.000,00.
6.Pemimpin diskusi membuka rapat pukul 08.00
7.4-1-5-2-6-3
8.Siapa-siapa saja yang hadir sebagai pengamat dalam diskusi ini.
9.Tempat
10.Pembukaan acara pukul 10.00 dengan doa bersama



sebab-akibat
1.Akibatnya banyak peserta ujian yang tidak lulus.
2.Oleh karena itu, dalam memilih pekerjaan harus sesuai dengan karakter dan kemampuan yang dimiliki.
3.Dengan demikian banjir besar menggenangi ibukota Jakarta.
4.2 – 1 – 4 – 3 – 5
5.Sehingga sungai mengalami pendangkalan hebat
6.Akhirnya, terjadilah banjir yang tidak dapat diatasi dan dihindari di wilayah tersebut.
7.Mereka harus mengikuti mata kuliah yang wajib diulang.
8.Naiknya harga BBM akan menguras devisa kita karena sebagian besar minyak kita impor.
9.Kausalitas
10.musik Padi kali ini terdengar makin progresif dengan nuansa yang lebih variatif.



resensi buku nonfiksi
1.Identitas buku
2.Asal usul pengarang
3.Bahasa yang digunakan halus dan lancar, kekuatan visi cerita disampaikan melalui dakwah.
4.keunggulan buku
5.Kepengarangan
6.Isi buku
7.Tema buku
8.Kelemahan buku
9.Sinopsis
10.Penulis tidak menceritakan dalam buku ini kekurangan dibalik pengguna otak kanan.



definisi
1.Ceplukan
2.Kata ganti
3.Penyakit seperti influenza, sakit paru-paru, kencing manis
4.berkaitan
5.Eksposisi definisi
6.dengan memanfaatkan tenaga aliran air yang berasal dari sumber air
7.Media terapi kesehatan tubuh
8.memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah
9.pararelisme
10.Bertujuan meyakinkan dan mempengaruhi pembaca.



membahas resensi
1.Keunggulan novel Saman
2.kehadiran tokoh laki-laki heroik dalam dua novel Ayu Utami
3.( 5)
4.isi buku
5.Konsep glenyengan menurut Umar Kayam
6.kesulitan memahami buku Galaksi Simulacra
7.(5)
8.Upaya penulis agar bukunya bisa dipahami pembaca.
9.(5)
10.Para penulis muda yang terinspirasi gaya penulisan Seno.



rincian
1.beberapa faktor penyebab malas belajar
2.Faktor apakah yang menyebabkan malas belajar?
3.Motivasi dari diri sendiri
4.1
5.Bagaimanakah cara menurunkan berat badaan yang sehat?
6.Deduktif
7.Deduktif rincian
8.Bagaimana cara menjadi manusi professional?
9.Manusia professional harus focus, sungguh-sungguh, konsisten, dan aktif.
10.Repetisi



novel
1.Alegori
2.Di pedesaan yang miskin
3.Seorang istri yang selalu setia kepada suaminya
4.Selalu berpikir positif
5.perubahan sosial
6.rumah Sakum
7.takut
8.perwatakan
9.pagi hari, di rumah
10.Kekhawatiran Saraswati.



esai
1.Kata-kata hanya sekadar alat membangun kehadiran imaji.
2.Novel Orang Buangan melukiskan Desa Kedung Jero yang merupakan desa terpencil.
3.Tulisan tersebut tidak disertai dengan solusi dan akibat dari apa yang telah dibahas.
4.Kegunaan antibiotik bagi tubuh manusia
5. Para orang tua menyekolahkan anak mereka agar mudah mendapat pekerjaan.
6. Angkutan umum merupakan kendaraan yang memiliki risiko kecelakaan paling tinggi.
7. Pendidikan sangat penting untuk bangsa ini.
8. Kualitas karya ssatra sangat ditentukan oleh proses pembuatan dan cara membacanya
9. Jadi, pembelajaran sastra di sekolah masih bermasalah
10. Banyak karya sastra berupa sajak, tetapi tidak tergolong ke dalam sajak berkualitas



tema
1.Semangat hidup seorang ibu
2.keinginan seseorang untuk mendekatkan diri pada Tuhan
3.perbedaan guru zaman Belanda dan zaman sekarang
4.Kondisi rumah seorang kakek
5.perselingkuhan tokoh aku dan Sri
6.si istri pergi ke Wonogalih
7.kematian
8.Rasa marah (gelap mata) para kuli kontrak terhadap opzichter.
9.kemarahan para kuli kontrak terhadap opzichter karena sering mengganggu para istri
10.Perjuangan Srintil mencari jati dirinya.



drama
1. si Bapak tidak berhasil menasihati anaknya
2. Kemerdekaan bangsa
3. Doyong sakit Mandor. Dia tidak bohong.
4.Paham Mas. Dulu aku sekolah di STM jurusan mesin.
5.Salah sangka
6.Saat kau senang, aku tertawa bersamamu. Saat kau sedih, aku selalu menemanimu dan menghiburmu dengan penuh kasih.
7.Kalau begitu, biarkan Bapak kami temani pulang ...
8.Takut
9.Malam hari
10.Oh, orang adzan. Adzan itu apa toh?



amanat
1.Jangan memikirkan sesuatu secara berlebihan.
2.Perasaan
3.ketegangan dalam keluarga
4.Jika ada persoalan dalam keluarga sebaiknya dimusyawarahkan
5.perwatakan
6.latar
7.banyaklah bersedekah untuk tetangga yang kurang mampu
8.Perlunya seorang ibu menambah wawasan.
9.Seorang ibu harus selalu menambah wawasan demi kemajuan puta-putrinya.
10.Jangan mudah terpengaruh hasutan orang –orang yang tidak bertanggungjawab.



gurindam
1. Ditulis oleh Raja Ali Haji
2. Pikir dahulu sebelum berkata Supaya terelak silang sengketa
3. Bahasa yang digunakan seseorang menunjukkan kebangsaannya
4. Orang yang suka mencela biasanya untuk menutupi kekurangannya yang dimilikinya
5. Banyak belajar agar memiliki ilmu yang banyak
6. Barang siapa berbuat fitnah Ibarat dirinya menentang panah
7. Kabar buruk tiada berdamping
8. Dengan syaitan jari berseteru
9. Orang perempuan manusia juga Kehormatan dirinya harus dijaga
10. Berkawanlah dengan orang yang setia



sudut pandang
1.bentuk campuran
2.Dia serbatahu
3.Dia serba tahu
4.Dia serba tahu
5.Campuran aku- dia
6.Dia sebagai pengamat
7.orang ketiga dan pertama
8.aku pelaku utama
9.orang ketiga serba tahu
10.orang ketiga pengamat



puisi kontemporer
1. Kegelisahan penyair yang mendalam berkaitan dengan ketidakpastian
2. Puisi Tipografi
3. terikat pada tema, dan terikat pada struktur fisik puisi dalam bentuk bait empat baris.
4. Teknologi modern dan komukasi
5. humanisme
6. diri
7. selamat tidur gerbong-gerbong tua
8. mendung terlukis di wajahnya
9. kedukaan terasa di mana-mana
10. H.B.Yassin adalah sastrawan serbabisa



angkatan balai pustaka dan cirinya
1. Angkatan 20
2.Memberontak
3. Cerita tersebut tidak hilang
4. Mengenalkan sastra asing yang bermutu
5. Pertentangan adat, kawin paksa
6. Novel Harry Potter
7. Layar Terkembang
8. Jangan serakah dan bersyukurlah
9.Serakah
10. Jakarta, Padang



penokohan
1.mudah marah
2.secara langsung dari pengarangnya
3.Tembang menarik perhatian Sri
4.secara langsung dari pengarangnya
5.pemberani
6.secara langsung dari pengarangnya
7.garang
8.tindakan tokoh
9.licik
10.tindakan tokoh



angkatan pujangga baru dan ciri²nya
1. Sutan Takdir Alisyahbana, Amir Hamzah, Sanusi Pane, dan Armin Pane.
2. drama, cerpen, puisi, novel, roman
3. Angkatan 33
4. pertentangan adat, perbedaan kaum muda dan kaum tua
5.Karya sastra mereka mulai memancarkan jiwa yang dinamis, individualistis, dan tidak terikat dengan tradisi.
6. Nasionalis
7. Angkatan 1880 di Negeri Belanda
8. sastra Melayu yang mendayu-dayu, dan pepatah-petitih
9. Angkatan 20
10. Angkatan 30


majas
1.metafora
2.pleonasme
3.personifikasi
4.hiperbola
5.paradoks
6.Matanya tajam seperti mata burung elang.
7.Laki-laki itu sangat kaya tetapi merasa miskin.
8.Epifora
9.personifikasi
10.asosiasi



angkatan 45 dan ciri²nya
1.Pujangga angkatan 45 tidak terkungkung dengan aturan sastra tertentu dan tidak terikat dengan adat istiadat.
2. angkatan 45 lahir pada saat perang melawan penjajah
3. Angkatan Chairil Anwar
4. Angkatan Gelanggang
5. Angkatan Sesudah Pujangga Baru
6.Futuristis
7.Realistis
8.Karya sastra yang berasal dari Indonesia yang membawa kebudayaannya di tengah kebudayaan dunia
9.sebagai ungkapan isi perasaan serta sikap pribadi pengarang.
10.Bebas



nilai-nilai
1.nilai sosial
2.nilai budaya
3.nilai moral
4.nilai keindahan
5.ketuhanan
6.kesedihan
7.tidak mementingkan diri sendiri
8.nilai moral
9.Tetapi Saras menjawab dengan meyakinkan ia sudah jatuh cinta menjadi sintren
10.malam hari



latar cerita
1.malam hari
2.para pendidik
3.malam hari
4.di pinggir laut
5.apa saja yang dipakai seorang ibu
6.Matanya sipit, berhidung mancung.
7.miskin
8.senja hari
9.kota
10.Engkau masih punya ibu, Sumi,dan sawah.



angkatan 66
1. Hans Bague Yassin
2. Angkatan ‘66
3. Sanusi Pane, Sutan Takdir Alisyahbana, Hamka
4. Puisi karya Taufiq Ismail berisi rasa duka cita yang mendalam.
5.Asosiasi
6. Kedukaan yang dalam
7. Di desa kecil di tepi sungai Bengawan Solo yang bernama Wanagalih.
8. Peduli . tanggung jawab
9. menjunjung tinggi nama baik adalah kewajiban priyayi
10. Isi cerita



latar belakang penulisan
1.Yang tua harus memberi kesempatan pada yang muda.
2.tahu saatnya mudur dari jabatan secara ikhlas
3.tidak ada yang bisa mengukur sikap nasionalisme seseorang
4.pengusaha pengembangan kota
5.kekompakan dalam keluarga sangat diperlukan agar tenteram dan damai
6.(3)
7.jangan mudah terhasut kegiatan yang tak jelas tujuannya
8.orang yang sedang jatuh cinta banyak berangan-angan
9.pasien harus memberikan identitas yang jelas
10.alur dan latar



ciri angkatan 66
1. Tidak banyak terdapat penggunaan gaya retorik dan slogan dalam puisi
2. Muncul puisi mantra dan prosa surealisme (absurd) pada awal tahun 1970-an yang banyak berisi tentang kritik sosial dan kesewenang-wenangan terhadap kaum lemah
3. Angkatan 66
4.Gaya epik (bercerita) pada puisi (muncul puisi-puisi balada)
5. Puisinya menggambarkan kemuraman (batin) hidup yang menderita
6. Angkatan ‘66
7.prosa
8. Angkatan ‘66
9. Angkatan ‘66
10. Angkatan ‘66



perbandingan angkatan
1. Balai Pustaka erbicara tentang pertentangan adat dan kawin paksa , sedangkan Pujangga Baru nasionalisme Indonesia,. memasuki kehidupan modern
2. Balai Pustaka terpengaruh sastra Melayu yang mendayu-dayu, masih menggunakan bahasa klise dan Pujangga Baru terpengaruh oleh Angkatan 1880 di Negeri Belanda.
3. Angkatan Balai Pustaka
4. Angkatan ‘90
5. Memasuki era Reformasi yang sangat anti KKN dan praktik-praktik otoriter, penuh kebebasan ekspresi dan pemikiran
6. Taufik Ismail
7. Malu Aku Jadi Orang Indonesia
8.Gaya simbolik
9. Angkatan ‘50
10. Menegakkan keadilan dan kebenaran berdasarkan Pancasila dan UUD 45, menentang komunisme dan kediktatoran



pantun
1.Nangka muda enak digulai gulai dimasak sesuai selera meskipun dirimu sangat pandai
2.Tuntut ilmu bersungguh-sungguh Sebagai bekal hari kemudian
3.Adik manis jangan menangis Ambil selendang mari menari
4.Ke mana kancil akan dikejar Ke dalam pasar cobalah cari Ketika kecil rajin belajar Sesudah besar senanglah hati
5.Jika mendapat nilai kecil Uang jajan pasti melayang
6.(1) bulan puasa, (2) Yang Kuasa
7.Pantun
8.Nasihat agar siswa tidak banyak mengeluh meskipun hidup penuh cobaan
9.Tidak menyanggah perkataan orang tua.
10.Pastilah hidup terasa senang



karya penting setiap angkatan
1. Layar Terkembang
2. Kasih Tak Sampai
3. Aku, Tiga Menguak Takdir, Atheis
4.Aku
5. Atheis dan Tiga Menguak Takdir
6.Priyayi
7. Lupus, Ronggeng Dukuh Paruk, Boko, Burung-Burung Manyar, Pulau Buru.
8. Ronggeng Dukuh Paruk
9. Opera Kecoa
10.Ayat-Ayat Cinta



syair
1.Lalulah berjalan Ken Tambuhan diiringkah penglipur dengan tadahan lemah lembut berjalan pelahan-lahan lakunya manis memberi kasihan
2.Tawar menawar boleh ketahuan
3.Adat berniaga demikian itulah tawar menawar bukanlah salah dengan yang patut Tuan khabarlah dapat ta'dapat dicobakanlah
4.Syair
5.Berhentilah kisah raja Hindustan Tersebutlah pula suatu perkataan Abdul Hamid Syah Paduka Sultan Duduklah Baginda bersuka-sukaan
6.Memberi hati bimbang gulana
7.a a a a
8.Bulan purnama cahaya terang bintang seperti intan di karang Pungguk merawan seorang-orang Berahikan bulan di amah seberang
9.Syair
10.Terasa aneh dan aneh saja Sepasang-sepasang mata memandangku Menimpakan dosa Terus terderitakan pandang begini?



gurindam
1.Orang yang bersifat kikir akan dijauhi oleh sanak saudaranya.
2.Anak yang tidak dididik dengan baik setelah besar menyusahkan orang tua.
3.Pemeluk agama yang baik tidak perlu membanggakan bahwa dia telah menjalankan agama secara benar.
4.Orang yang beramal akan diampuni dosanya oleh Tuhan.
5.Siapa yang tidak melakukan sembahyang seperti rumah yang tidak kuat pondasinya/mudah runtuh.
6.Jika berbicara perlu berhati-hati karena orang dapat celaka akibat ucapannya.
7.Apabila sering memfitnah orang, fitnahan itu akan berbalik kepadanya
8.Janganlah mencari masalah, jika menghadapi masalah harus diselesaikan dengan baik
9.Kaum wanita harus menjaga harga diri dan kesuciannya agar dihargai orang lain
10.Kemuliaan dan derajat seseorang terlihat dari kelakuannya sehari-hari



kritik
1.Pemerintah seharusnya dapat memenuhi keinginan warga untuk mendirikan sekolah di Hepang
2. Dialog antara tokoh saya dan Rini kurang mencerminkan konflik sehingga konflik yang terbangun kurang terlihat tajam dan cerita terkesan berjalan datar.
3. Seribu Kunang-Kunang di Manhattan ini merupakan cerita pendek yang ceritanya kurang berkembang.
4. Tulisan tersebut tidak disertai dengan solusi dan akibat dari apa yang telah dibahas.
5. Konflik kutipan drama tersebut kurang mencerminkan konflik sehingga konflik cerita terkesan berjalan datar.
6. Pihak bank harus menjamin keamanan dana nasabah bukan hanya iming-iming
7. Perangkat hukum perlindungan hak anak memang rapi, tetapi penerapannya masih perlu dibenahi.
8. Mahalnya harga buku tidak masalah jika minat baca masyarakat tinggi
9. Pemerintah perlu mengkaji kembali kebijakan terhadap kenaikan pajak pengurusan administrasi kendaraan bermotor
10. Tidak mudah memahami novel Supernova, karena kita harus mampu memahami kemampuan manusia secara utuh.



huruf kapital
1. Pegunungan yang membentang di daratan Sumatera itu bernama Bukit Barisan.
2. Sumpah pemuda diperingati setiap 28 Oktober.
3. Siapa gubernur yang baru dilantik itu?
4. Pemerintah akan melantik Bupati Lebak dalam waktu dekat ini.
5. Dalam beberapa menit lebih dari 200-an rumah di Kawasan Cianjur, Jawa Barat, porak poranda akibat angin puting beliung.
6. Ayahnya pernah menjabat Bupati di Aceh Utara.
7. Ibu membeli gula Jawa.
8. Para ibu mengunjungi ibu Hasan.
9. Petugas dari Departemen pendidikan dan kebudayaan sedang melakukan analisis pelaksanaan Ujian Nasional.
10. Kami akan berangkat ke danau Toba.



talibun
1.Kelakuan dan sikap manusia
2.Jangan melupakan nilai-nilai adat istiadat serta tradisi supaya tidak kehilangan jati diri.
3.Budi pekerti manusia
4.Janganlah kita tergantung pada orang lain.
5.Setinggi-tingginya jabatan kita jikalau sudah meninggal tiadalah berguna.
6.Kebhinekaan suku bangsa, dan bahasa.
7.Menjaga kesatuan dan persatuan dalam kebhinekaan.
8.Nilai-nilai agama dan adat tradisi jangan terpengaruh budaya asing.
9.Kebesaran/kehebatan sesuatu tempat
10.Memiliki rasa mencintai dan memiliki warisan nenek moyang yang berbentuk rumah gadang minang.



tanda baca
1. Jika kamu tidak menjemputku, aku tidak akan datang ke pesta itu.
2. Dia akan melamar ke PT Araya sebagai staf administrasi.
3. Sebelum kata sahabat dan sesudah Reza
4. a.n., u.p. , dll.
5. Presiden menekankan, bahwa kepentingan rakyat harus diutamakan.
6. Meskipun begitu, dia tidak pernah sombong.
7. Prof. Purnama. A sedang meneliti bahasa orang Ciamis Utara.
8. Prof. Dr. Aris Sunandar, S.H.
9. Yth. Manajer Personalia PT Asia Jalan Prof. Dr. Hamka 128 Padang
10. hlm., dst., SE.



seloka
1.Untuk menegaskan kondisi yang ada.
2.Nilai-nilai kemanusiaan.
3.Perbedaan strata sosial masyarakat minang antara kaum bangsawan dan kaum miskin.
4.Untuk menegaskan nilai romantisme percintaan.
5.Nilai-nilai percintaan dua sejoli manusia.
6.Seorang pemuda yang sedang patah hati karena ditinggalkan kekasih hati.
7.Untuk menegaskan romantisme percintaan.
8.Hendaklah mengutarakan perasaan cinta kasih kita kepada pujaan hati.
9.Untuk menegaskan kesetiaan cinta hingga alam kematian.
10.Masyarakat adat minangkabau yang memiliki kesucian dan kesetiaan cinta pada pasangan hingga menuju ke alam kematian.



kata bilangan
1. Ana menonton drama sampai tiga kali.
2. Sejumlah 21 orang tewas dan 5 orang terluka parah dalam kecelakaan itu.
3.VIII
4. Pada 1990-an, hutan ini masuk tercatat di Sumatera.
5. HUT ke-20 RI
6. Joan membeli sepatu seharga Rp75.000,00.
7. ke-11
8. Kalimat kedua 3,5 persen.
9. Rp 61.000,00 per kg
10. Kalimat kedua kata bilangan limapuluh seharusnya lima puluh.



bidal
1.Sikap gagah berani, semangat pantang mundur
2.Orang yang mudah marah, padahal belum tentu benar salah orang dimarahi.
3.Orang yang tidak tetap pendirian, hanya mengikuti kata orang
4.Orang yang tak mampu memelihara dirinya dari kesusahan.
5.Seseorang yang tidak takut mati, berani menyambung nyawa.
6.Gadis yang memiliki kecantikan sempurna luar dan dalam.
7.Dalam laut dapat diukur, dalam hati siapa tahu.
8.Kondisi sosial rakyat jelata yang sangat memprihatinkan.
9.Hendak berbuat sesuatu tidak dapat karena tidak berdaya atau tidak ber uang.
10.Mencari umbut dalam batu



puisi baru
1.Maut menjemput seseorang tanpa memberi kesempatan apa pun.
2.manusia harus sadar atas teguran Tuhan
3.Doa dan perjuangan orang tua untuk kesuksesan anaknya.
4. Sulitnya menghilangkan rasa bersalah dan dosa diri.
5.Pensucian diri
6. Hendaknya kita terus berjuang untuk mengatasi masalah negeri ini.
7.Kehidupan sosial
8.Hendaknya kita memedulikan fakir miskin.
9.Masa tua
10.Seorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidupnya menderita di hari tua



pidato
1. Orator
2.Pendahuluan
3. Ekstemporan
4. Pendidikan itu penting , memerlukan proses panjang , dan alami.
5.Isi
6.Impromptu
7.Memoriter
8.Simpulan
9. Bangsa lain akan ikut bangga jika bangsa ini maju dan besar.
10. Pengertian pidato, sifat, dan bentuk



hikayat
1.Penggunaan kata “maka” dan istana sentris.
2. Si Miskin yang hidup terlunta-lunta karena Sumpah Betara Indra.
3. Peminangan seorang sultan terhadap anak raja Perlak.
4.Proses pengangkatan Mahasyodhak menjadi pegawai negeri.
5. Pengujian dilakukan kepada orang yang akan menduduki jabatan dalam kerajaan.
6.Diiringi para pengawalnya sedang melakukan perburuan di hutan
7.Menyembah raja merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan oleh rakyatnya.
8. Raja yang berniat jahat karena ingin mengambil istri orang lain.
9. Istri harus memiliki sifat sabar dan setia kepada suami.
10. Kita harus percaya Tuhan yang menentukan nasib manusia.



fabel
1.Kesabaran
2.Maju
3.Tepi Sungai
4.Penghianatan
5.Janganlah menghianati arti persahabatan karena sikap ketamakan
6.Monmon
7.Kecerdikan
8.Dia terbatas
9.Janganlah berpantang menyerah dalam kesulitan
10.Cerdik


epos
1.Peperangan hari ke-5 antara pasukan Kurawa lawan pasukan Pandawa.
2.Peperangan hebat ksatria-ksatria Kurawa melawan Pandawa.
3.Ksatria laki-laki berwujud perempuan yang gagah berani.
4.Hendaklah mempersiapkan segala sesuatu sebelum berkerja agar tidak mendapat kerugian.
5.Tokoh utama yang mendalangi terbunuhnya ksatria-ksatria muda Pandawa
6.Terbunuhnya sepuluh ksatria Pandawa
7.Pengorbanan jiwa raga diperlukan untuk memperoleh kemenangan.
8.Ksatria Pandawa, berhati mulia, mencintai saudara, membenci peperangan, tidak gila kekuasaan, dan tidak cinta akan dunia.
9.Arjuna sangat menyesali terjadinya perang saudara, dalam hatinya sangat benci perang.
10.Peperangan di kemudian hari hanya menimbulkan penderitaan berkepanjangan.



cerita pelipur lara
1.Masyarakat bangsawan suku minang yang hidup di tanah Padang
2.Berani
3.Sumatera Barat
4.Istana sentris (Kerajaan)
5.Sumatra Utara
6.Malim Deman sedang mencari jodoh bermimpi bertemu puteri khayangan.
7.Masyarakat pesisir sungai Garinggiang yang gemar mengadakan sayembara dengan sabung ayam, menembak dan catur demi memiliki hajat.
8.Janganlah suka berjudi, main sabung ayam, berburu binatang liar.
9.Peristiwa hilangnya Raja Muda yang hendak dinikahkan dengan Tuan Puteri Kuntum Ratna Suri di negeri Tanjung Bunga Kembang Sekaki.
10.Upacara turun ke tanah Puteri Renik Jintan sebagai pertanda usia menginjak remaja.



parabel
1.Heroik kepahlawanan
2.Nilai–nilai perjuangan kepahlawanan.
3.Ksatria haruslah memiliki jiwa kepahlawan dan kesetiaan cinta kepada pasangannya.
4.Rama dan Shinta adalah tokoh utama karakter protagonis.
5.Kisah Prabu Dasarata dan tiga permaisuri dari Ayodhya.
6.Kepahlawanan dan kesucian cinta Dewi Shinta pada suaminya Sri Rama.
7.Rama, Shinta, Lakshmana tokoh bulat diceritakan secara tidak langsung.
8.Rawana terbunuh di tangan Rama. Shinta diuji kesuciannya.
9.Nilai–nilai kesetiaan cinta dan pengorbanan.
10.Hendaklah kita menjaga kesetiaan cinta kepada pasangan.



dongeng
1.Keadilan
2. Maju-Mundur
3. Kita harus selalu bersikap adil dalam mengartikan mimpi
4. Cerita Rakyat
5. Jawa barat
6.Keberanian
7.Sosial
8. Kita harus selalu bersikap adil kepada sesama
9.Kesabaran
10. Kita harus selalu bersikap sabar dalam melalui cobaan hidup



sastra melayu lama
1.Setiap pekerjaan itu ada bahayanya maka berhati-hatilah dengan ucapan.
2.Nasehat bijak
3.Janganlah kita bekerja setengah hati, mengikuti hawa nafsu sendiri akhirnya akan merugi.
4.Kemasyuran Kerajaan Inderacita dan rakyatnya makmur sentosa
5.Seorang lelaki yang mencintai lebih dari satu wanita.
6.Hendaklah menjadi lelaki sejati dengan mencintai satu orang wanita
7.Hendaklah menolong orang yang dalam kesulitan
8.Kepedulian rakyat atas keselamatan rajanya
9.Seorang raja telah meninggal dan tidak memiliki anak.
10.Memberi kesempatan berbicara kepada semua yang hadir dalam musyawarah.



unsur² puisi
1.Penglihatan
2.Personifikasi
3.Ketuhanan
4.a-b-b-a
5.Metafora
6.Perasaan menyesal dan bertobat kepada Tuhan
7.Suasana batin insan manusia ketika sedang beribadah berserah diri kepada Tuhan
8.Pendengaran
9.Sextet
10.Personifikasi



makna puisi
1.Yang dipujanya
2.Metafora
3.Kecewa sehingga benci terhadap kemajuan pembangunan
4.Masyarakat
5.Peristiwa penembakan mahasiswa yang sedang berunjukrasa
6.Perjuangan
7.Terzina
8.Ketuhanan
9.Quatrain
10.Tuhan



unsur instrinsik cerpen
1. orang ketiga
2.Pertentangan antara kebutuhan beribadah dengan kebutuhan bekerja
3. Rumah-malam
4. Alur campuran
5. Ramah, baik, ceria, dan menyenangkan
6. (3)
7. Keengganan tokoh berurusan dengan rumah sakit
8.Kita harus tabah dan tegar dalam menghadapi cobaan hidup
9. Ketiga pada paragraf pertama
10. Ketiga pelaku utama



ciri cerpen
1.Ruang rapat
2.di kantor majalah Tera pagi hari
3.dia mahatahu
4.Peran ganda pohon kersen di sebuah pemukiman
5.latar tempat
6.Efek kenaikan harga bagi rakyat kecil.
7.Apalagi dalam beberapa hari ini harga beras dengan mantap naik tanpa mau menoleh.
8.di trotoar jalan sekitar monas
9.Kebingungan Rahman atas sikap laki-laki yang membesarkannya.
10.Kasihilah anak- anak yang bernasib seperti Rahman.



cara menulis resensi
1.keunggulan buku
2.Kemampuan Toha mengajak pembaca memahami perasaan dan jalan pikiran tokohnya.
3.Karya sastra pasti menggambarkan kehidupan masyarakat pada zamannya.
4.Protes para penulis daerah karena pembangunan yang Jakarta sentris.
5.Konsep Indonesia jangan meminggirkan daerah.
6.simile
7.Jadilah penyair yang cerdik, mampu melindungi karyanya dari pelarangan penguasa.
8.Pengembalian martabat manusia di tempat yang seharusnya dan sepantasnya.
9.aspek kepemimpinan
10.Para pengarang dapat makin berempati kepada rakyat kecil lewat perkembangan sastra daerah.



ciri resensi
1. latar belakang buku
2.gaya penceritaan
3.isi buku
4.manfaat buku bagi pembaca
5.isi buku
6.kelemahan buku
7.Pergulatan hidup orang-orang yang kalah perang.
8.Hal yang melatarbelakangi munculnya novel Perburuan.
9.isi buku
10.Pesan moral



keunggulan kekurangan resensi
1. Akhir cerita mengajak pembaca untuk mengapresiasi kelanjutan cerita
2.Novel ini menarik karena pendeskripsian tokoh dan peristiwanya terasa hidup
3. Novel Sang Pemimpi seolah-olah menarik Anda untuk mengikuti jalan cerita Arai dan Ikal yang begitu hidup
4. Ahmad Tohari dapat mengajak pembaca memahami makna ksatria lewat tokoh Kumbakarna dan Wibisana
5. Alur cerita terasa biasa dan si pembaca mudah menebak kelanjutan ceritanya.
6.Keunggulan novel
7. Supernova merupakan mahakarya yang langka, karena novel ini mampu melihat aspek kehidupan manusia.
8.membahas kesesuaian harga buku dengan kebutuhan masyarakat
9. Kesetiaan teman diungkapkan dengan sangat baik.
10. Novel Ratih Kumala ini menjadi menarik dan terasa segar untuk dibaca karena kaya dengan gaya pencitraan.



menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain
1. Pak Sastro Kambil ditemukan meninggal dunia di tengah-tengah kebun kelapa miliknya.
2.dia pengamat
3.dia pengamat
4.kegelisahan Pak Armen
5.Hati-hati menjalani hidup dan selalu ingat kepada Tuhan
6.aku utama
7.jagalah kerukunan dalam keluarga
8.Sejurus kemudian ayah beranjak menuju pintu lalu keluar menuruni anak tangga.
9.kesalahpahaman perempuan dan Merdeka
10.Apa bedanya?



menanggapi cerpen teman lain
1. Latar tempat cerita
2. Jika bekerja di negeri orang, ikutilah peraturan yang berlaku di negeri tersebut.
3. Latar suasana
4.Siang hari menjelang.
5.aku serba tahu
6. Pikiran tokoh meloncat- loncat
7.Metafora
8.dia pengamat
9.kamar tidur, kamar mandi, ruang makan
10.sore hari di sawah




1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar